3 Tahapan Pertumbuhan Bayi yang Harus Diketahui Oleh Orangtua

 Beli peralatan bayi yang paling mudah memang memanfaatkan perkembangan teknologi yaitu mengakses marketplace. Di situ ibu akan banyak menemukan toko yang berhubungan dengan tumbuh kembang bayi. Dengan demikian, ibu dapat memilih peralatan mana yang terbaik yang dapat dimiliki untuk mendukung pertumbuhannya secara optimal sesuai dengan umurnya.

Tahapan Pertumbuhan Bayi

Sebenarnya Ibu tidak perlu membeli seluruh peralatan bayi dalam satu waktu. Pasalnya, tahap tumbuh kembang bayi tidak berlangsung dalam waktu yang singkat,  tetapi terjadi berproses dalam jangka waktu yang lama.

Apalagi jika ini dihubungkan dengan kemampuan motorik halus dan kasarnya. Tentu semua tergantung pada umur bayi. Dengan demikian rangsangan yang tepat adalah jika memberikan ibu stimulan tersebut sebelum memasuki umurnya. Namun,  jangan terlalu jauh karena diperkirakan nanti bayi belum siap untuk menerima stimulus tersebut menerima. 

Perkembangan Kemampuan Bahasa Bayi

Yang termasuk kemampuan bahasa bayi dalam perkembangan bayi adalah misalnya dia berbicara yang diawali dengan mengoch, blurbing, dan mengucapkan kata yang belum jelas. Misalkan daaaa…daaaaa…atau maaaa….maaaaa.

Orang tua dapat memberikan rangsangan komunikasi dengan anak. Caranya adalah dengan mengajaknya berbicara menggunakan kata yang tepat. Jangan menggunakan kata yang diucapkan dengan dibuat-buat seperti ke bayi-bayian. Dengan begitu bayi akan mampu mengenali bagaimana mengucapkan kata tersebut dengan baik dan benar.

Perkembangan Motorik Halus

Yang dimaksud dengan perkembangan motorik halus adalah bagaimana misalnya bayi mampu meraih atau mengambil benda di sekitarnya. Mulai belajar menggenggam dari yang bendanya besar kemudian perlahan menjadi benda kecil. Dengan demikian bayi dapat mulai belajar untuk menggenggam makanannya sendiri.

Ibu dapat menstimulasi perkembangan motorik halusnya dengan memberikan barang-barang yang besar. Misalnya boneka sehingga bisa belajar untuk menggenggam nya. Kemudian lama-kelamaan diubah ukurannya menjadi lebih kecil. Selanjutnya biarkan bayi untuk menggenggam camila nya sendiri yang biasanya memang dibuat ukurannya lebih besar.

Perkembangan Motorik Kasar

Salah satu perkembangan yang dapat dilihat dari fisik bayi adalah motorik kasarnya yaitu dimulai dari belajar tengkurap. Kemudian duduk, setelah itu merangkak lalu berdiri dengan cara rambatan.

Ibu dapat memberikan stimulasi yang maksimal pada saat bayi mengalami perkembangan motorik kasarnya  Caranya adalah dengan membiarkan bayi ketika akan belajar tengkurap sendiri. Tidak perlu dibantu. Usahakan saja alasnya empuk sehingga tidak terantuk.

Ketika belajar merangkak pun, usahakan selalu membiarkan bayi merangkak pada tempat yang tidak berbahaya. Jangan sering digendong agar dapat melatih kemampuannya untuk berjalan.

Semua perlengkapan bayi dapat anda peroleh pada toko yang jual perabotan bayi. Ibu  dapat memanfaatkan marketplace yang terpercaya sehingga dapat memperoleh produk yang original serta memiliki kualitas terbaik. 

Manfaatkan saja toko online ini agar tidak perlu menghabiskan banyak waktu diluar untuk memilihnya. Dengan demikian Ibu dapat menggunakan  waktu tersebut untuk meningkatkan kualitas bersama sang bayi.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Smoothteddy.com - WordPress Theme by WPEnjoy