Jenis-jenis Oven Beserta Contoh Produk Terbaiknya

Oven merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan, memanggang dan mengeringkan. Oven terdiri dari beberapa jenis, yaitu oven kompor, oven konvensional, oven listrik, dan oven microwave yang memiliki fungsi ganda. Nah jiga kalian ingin mengetahui tentang jenis-jenis oven. Berikut diantaranya:

Jenis-jenis Oven

  • Oven kompor

Adalah oven yang menggunakan panas dari api kompor. Oven ini cukup terjangkau untuk dimiliki skala rumah tangga, namun sayangnya oven ini tidak memiliki pengaturan suhu sesuai dengan yang diinginkan. Contoh oven kompor adalah oven Hock, oven kompor Narinos, Oven Bima, Oven Butterfly.

  • Oven konvensional

Adalah oven yang bekerja dengan elemen listrik untuk memasak atau dengan pembakar gas. Panas akan memancar dan mendorong udara dingin bawah yang dapat menyebabkan proses memasak atau pemanggangan yang tidak merata. Contoh oven konvensional adalah Mito Oven MO-777.

  • Oven listrik

Adalah oven yang menggunakan sumber panas dari listrik. Oven jenis ini lebih efisien dari oven kompor karena suhunya bisa disesuaikan, namun sayangnya memiliki harga yang lebih tinggi dari pada oven kompor. Contoh oven listrik terbaik adalah Cosmos CO 9919, Maspion MOT 600-20liter, Signora Mini-6 liter, Denpoo DEO-18T-5 liter.

  • Oven konveksi

Cara kerja oven konveksi sedikit berbeda dari yang lainnya. Di oven konveksi terdapat kipas angin di belakang yang memaksa sirkulasi udara ke seluruh oven, sehingga memasak makanan akan lebih merata. Contoh oven konveksi terbaik adalah Kirin KBO-190LW, Panasonic NUSC180BTTE, Kirin Beauty Oven KBO-700C.

  • Oven microwave

Oven microwave digunakan untuk memanaskan dan mencairkan serta menggunakan gelombang radio untuk melakukan semua proses ini. Contoh oven microwave terbaik adalah Sharp R-728(S)-IN, Panasonic Microwave Oven Grill Inverter, Modena MO-2004 Microwave.

  • Oven microwave dengan konveksi

Merupakan oven microwave yang memiliki fungsi ganda, dimana cara fungsinya bisa  berubah menjadi oven normal (jenis konveksi), hanya dengan memutar kenop sehingga Anda dapat memanggang makanan. Contoh oven microwave dengan konveksi adalah Sharp EO-28LP(K), Panasonic NN-DF383B, Oxone OX-899RC, Electrolux EMS3087X.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

© 2022 Smoothteddy.com - WordPress Theme by WPEnjoy